Manfaat Petai (Bag.2)

Advertisement
Melanjutkan dari postingan kemarin tentang manfaat petai, berikut ini adalah beberapa manfaat lain yang baik untuk tubuh :
manfaat petai
Sumber Gambar : vegetafruit.com

5. Mengurangi Begah Akibat Kekenyangan

Petai disenyalir memiliki efek antasida yang mampu mengurangi gejala sakit maag seperti perih pada lambung, perut kembung, begah akibat adanya udara yang masuk, atau udara yang dihasilkan dari proses metabolisme makanan, sehingga dengan mengonsumsi petai, masalah begah/perut kembung tersebut bisa teratasi.

baca juga: cara menghilangkan bintik penuaan di wajah

6. Meningkatkan kemampuan kognitif

Sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa para siswa yang sarapan paginya mengonsumsi petai, mereka lebih mudah mengerjakan soal dengan mudah.

Mengapa petai mampu meningkatkan kemampuan kognitif? Hal ini terjadi karena dalam petai terkandung kalium yang tinggi yang sangat bagus bagi kemampuan kognitif seseorang. Kemampuan kognitif itu diantaranya :

- Kemampuan mengingat
- Kemampuan dalam mempersepsikan respon alat indera
- Kemampuan melakukan pengenalan pola

7. Mengatasi Gatal Akibat Digigit Nyamuk


Tidak hanya buah isinya saja yang memiliki khasiat, kulit petai juga dapat meringankan gatal akibat digigit nyamuk. Bagaimana caranya agar rasa gatal akibat gigitan nyamuk hilang? Caranya cukup mudah, ambil bagian dalam kulit petai kemudian gosok-gosokkan pada kulit yang terasa gatal. Dengan begitu rasa gatal pun akan berangsur hilang.

8. Menetralisir Asam Lambung

Petai, meskipun aromanya bau ketika di konsumsi, ternyata memiliki khasiat sebagai antasida lho! Lalapan ini telah dipercaya aman untuk lambung walaupun dikonsumsi mentah, terlebih dari itu petai sangat baik untuk lambung karena :

- Mampu menetralkan asam lambung yang merupakan pangkal penyakit mag
- Mencegah terjadinya iritasi lambung
- Mencegah infeksi lambung

9. Mencegah Kegemukan

Kita tahu bahwa salah satu faktor penyebab kegemukan adalah stress, tekanan, dan depresi. Telah kita bahas pada postingan kemarin, bahwa petai memiliki khasiat anti depresi. Dari sini diketahui bahwa dengan mengonsumsi petai, resiko depresi akan dikurangi sehingga tidak terjadi kegemukan akibat depresi.

10. Sebagai Penurun Panas

Petai dikenal sebagai tanaman dingin. Maksudnya tanaman yang mampu menurunkan suhu tubuh jika kita memakannya. Coba saja ketika Anda sedang demam kemudian memakan petai, niscaya suhu tubuh Anda akan turun.

11. Mencegah serangan stroke
Petai juga dikenal sebagai tanaman yang mampu mencegah stroke. Hal ini dikemukakan dalam penelitian oleh The New England Journal of Medicine.

12. Membantu menghentikan kebiasaan merokok
Konon katanya--penulis juga belum percaya sih! :D--mengonsumsi petai dapat membantu Anda yang ingin berhenti merokok. Kandungan vitamin B6 dan B12 nya, serta kalium dan magnesium yang terkandung didalamnya dapat membantu menghentikan kebiasaan menghisap asap alias merokok. Mari kita buktikan saja.. :D

13. Mengandung Antioksidan

Antioksidan berfungsi sebagai penangkal zat yang reaktif yang berbahaya bagi tubuh. Nah, dengan petai ini zat-zat yang memiliki sifat mengoksidasi akan terhambat dengan sifat antioksidannya petai. Wah, keren juga yah... Antioksidan juga berperan dalam memperlambat proses penuaan, meningkatkan imunitas, dan mencegah berbagai macam penyakit.

14. Vitamin C yang tinggi

Tidak hanya jambu biji dan jeruk saja yang memiliki kandungan vitamin C. Ternyata petai juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi lho!! Namun tentu saja kandungan vitamin C dalam petai tidak sebanyak dalam buah-buahan yang sudah penulis sebutkan di atas.

15. Kaya akan Kandungan vitamin A

Vitamin A merupakan vitamin yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin A biasanya diperoleh dari tanaman wortel. Namun jangan salah, dalam petai pun terdapat kandungan vitamin A yang juga baik untuk mata.

16. Kandungan Serat yang Tinggi

Petai juga ternyata memiliki kandungan serat yang tinggi pemirsa. Serat tentu saja sangat berperan dalam proses pencernaan makanan. Sehingga dengan mengonsumsi serat yang cukup, Anda akan terhindar dari penyakit-penyakit akibat gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, mulas, dan begah.

Nah pemirsa, ternyata banyak sekali ya manfaat petai, tidak hanya baunya yang tidak sedap, petai pun memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Semoga dengan artikel ini, pengetahuan kita tentang petai jadi bertambah ya.. Have a nice day..:)
Advertisement
Manfaat Petai (Bag.2) | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment