Petai, Lalapan Bau yang Kaya Manfaat (Bag.1)

Advertisement
Hai!! Para pemirsa sekalian.. Selamat Sore... Saat ini di laptop penulis menunjukkan pukul 17.04 yang menunjukkan matahari sudah hampir tenggelam di ufuk barat.

Lagi asyik-asyiknya duduk di ruang tamu sambil melepas lelah setelah seharian bekerja, tiba-tiba terdengar bunyi pintu diketuk. Tuk..Tuk..Tukk.. Eh, tak taunya tetangga yang baik hati datang memberikan beberapa papan petai. Setelah berterima kasih akhirnya penulis membawa petai masuk ke rumah. Sambil melihat-lihat petai, penulis merasa terheran-heran, kenapa ya petai rasanya enak tapi kok bau? Berangkat dari situ akhirnya penulis mendapat inspirasi untuk mengupas sisi positif dari makanan yang memiliki khas bau ini untuk dijadikan artikel.

manfaat petai
Sumber Gambar : sciencemags.blogspot.com
Para pembaca sekalian, tahukah Anda mengapa petai begitu bau jika kita konsumsi? Konon katanya bau pada petai ini diakibatkan karena kandungan asam aminonya yang mengandung sulfur. Sulfur kita tahu memilik bau yang cukup unik, terutama jika kita menyempatkan diri mampir ke sebuah kawah gunung berapi yang memiliki sumber panas. Baunya hmmm... semerbak seperti bau kentut.

baca juga: cara menghilangkan bintik penuaan di wajah

Terlepas dari bau nya yang kurang sedap, ternyata petai memiliki beberapa khasiat yang baik untuk tubuh :

1. Mengatasi Anemia

Anemia ditandai dengan mudah lelah, letih, lesu, mata berkunang-kunang akibat kekurangan darah. Ketika Anda mengonsumsi petai, kandungan zat besi nya yang tinggi akan membantu Anda untuk tidak mengalami gejala anemia. Zat besi kita tahu merupakan zat yang sangat penting untuk menambah darah.

2. Mengurangi Depresi

Depresi merupakan suatu keadaan dimana seseorang merasa tertekan dalam hidup. Kandungan triptophan dalam petai disenyalir dapat membatu mengatasi depresi ini sehingga Anda menjadi lebih rileks, lebih tenang, memperbaiki mood, dan lebih merasa bahagia.

3. Menurunkan Tekanan darah

Menurut beberapa penelitian, diketahui bahwa petai dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa gejala tekanan darah tinggi seperti mudah marah, pusing, dan cepat lelah, bisa diatasi dengan mengonsumsi petai.

4. Membantu Mengatasi Gejala Akibat PMS

PMS atau Pre Menstrual Syndrom merupakan gejala yang timbul ketika seorang wanita mengalami masa haid atau menstruasi. Masa ini biasaya ditandai dengan mood yang berubah-ubah, mudah marah, dan gejala-gejala lain yang menyertainya. Kandungan triptophan dari petai ini diyakini mampu mengendalikan mood menjadi lebih terkontrol sehingga beberapa gejala di atas dapat teratasi.

Lanjut ke Manfaat Selanjutnya...
Advertisement
Petai, Lalapan Bau yang Kaya Manfaat (Bag.1) | Unknown | 5

2 comments:

  1. waah sangat keren sekali, artikel anda bagus dan bisa membantu saya sekaligus bisa membantu orang banyak mas, terima kasih atas infonya :)

    ReplyDelete
  2. terima kasih telah berkunjung.. :)

    ReplyDelete