Obat Darah Tinggi Herbal (Hipertensi) Mudah dan Aman

Advertisement
Hipertensi atau yang biasa dikenal dengan istilah darah tinggi merupakan penyakit yang banyak ditemui di masyarakat. Seseorang dikatakan darah tinggi ketika tekanan darahnya melebihi 140/90 mmHg. Tekanan darah tinggi jika dibiarkan akan menimbulkan gejala yang semakin parah, mulai dari sakit kepala terus-terusan, pusing, bahkan bisa saja pecah pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke.

baca juga: cara menghilangkan bintik penuaan di wajah

Hipertensi disebabkan oleh beberapa hal berikut :

1. Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat dapat menjadi penyebab seseorang terkena hipertensi. Berikut ini adalah beberapa contoh gaya hidup yang tidak sehat yang menyebabkan seseorang terkena hipertensi :

- Merokok
- Minum Alkohol
- Jarang bergerak/berolahraga
- Kurang konsumsi sayuran dan buah-buahan
- Kegemukan/obesitas
- Konsumsi Garam terlalu banyak

2. Faktor Keturunan

Keturunan merupakan faktor yang utama yang menyebabkan seseorang terkena hipertensi. Orang tua yang memiliki hipertensi cenderung menurunkan penyakit tersebut kepada keturunannya. Jadi apabila orang tua Anda punya riwayat hipertensi, maka berhati-hatilah dengan pola hidup Anda agar hipertensi bisa dihindari.

3. Faktor Usia

Usia juga bisa menjadi penyebab hipertensi. Semakin tua umur seseorang, maka semakin berpotensi dirinya terkena hipertensi.

4. Stress

Stress juga merupakan salah satu penyebab hipertensi. Tekanan yang dialami seseorang dalam hidupnya sehingga ia mengalami stress dapat berpengaruh ke dalam tubuhnya sehingga pembuluh darahnya memompa darah lebih cepat.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur dikatakan penyebab hipertensi karena orang yang kurang tidur cenderung akan lebih mudah marah, kepala pusing, dan menjadi linglung.

Herbal untuk Hipertensi

Berikut akan dipaparkan beberapa herbal yang dapat digunakan untuk mengobati hipertensi :

1. Belimbing Manis
Belimbing merupakan buah yang berasa manis, bentuknya seperti bintang dan warnanya kuning apabila sudah matang. Buah ini dipercaya dapat mengobati hipertensi jika dikonsumsi secara rutin pagi dan sore hari. Cara penyajiannya boleh dimakan langsung atau dibuat jus.


2. Daun Meniran
Daun meniran banyak ditemui di sekitar kita. Bagi Anda yang belum tau bentuk daun meniran, silahkan lihat gambar di bawah ini

Cara penggunaannya, daun meniran ditumbuk secukupnya lalu tambahkan air satu gelas, minum sampai habis dan lakukan sehari tiga kali.


3. Daun Pegagan

Daun pegagan juga ternyata berkhasiat mengobati penyakit hipertensi. Cara penggunaanya yaitu dengan merebus 20 helai daun pegagan dengan tiga gelas air. Kemudian minum air rebusan tiga kali dalam sehari.


4. Seledri

Seledri yang biasa terdapat dalam sayur, bakso, dll. ternyata memiliki khasiat menurunkan hipertensi. Cara penggunaannya pun mudah. Anda cukup merebus 16 batang seledri dengan dua gelas air, rebus hingga menjadi setengah gelas. Minum pagi dan sore secara teratur.


5. Asam Trengguli

Image result for asam trengguli

Masukan asam trengguli secukupnya dalam satu gelas air sampai daging asamnya larut, tambahkan madu satu sendok, minum ramuan ini sekaligus.


6. Daun Alpukat

Alpukat, selain buahnya yang enak ternyata daunnya pun berkhasiat untuk hipertensi. Cara penggunaanya yaitu dengan menyeduh tiga lembar daun alpukat dengan air panas sebanyak satu gelas. Biarkan menjadi hampir dingin. Setelah hampir dingin, minum ramuan sekaligus.


7. Daun Sirsak

Cara penggunaan daun sirsak untuk mengobati hipertensi yaitu dengan menyeduh tiga lembar daun sirsak dengan segelas ari panas. Biarkan sampai hampir dingin, dan diminum sekaligus setelah hampir dingin.


8. Bawang Putih

Bawang putih telah banyak dikenal masyarakat sebagai obat alami untuk hipertensi. Caranya pun cukup mudah, Anda cukup menambahkan bawang putih dalam masakan Anda, sambal, atau boleh juga dimakan langsung (ditelan). Tetapi hati-hati jangan sampai digigit, karena bawang putih dapat merusak gigi.


9. Mentimun

Mentimun atau dikenal dengan Bonteng merupakan sayuran yang biasa digunakan sebagai lalapan, coel sambel, atau bisa juga digunakan sebagai lalapan rujak. Mentimun ternyata dapat juga digunakan untuk mengobati hipertensi. Cara menggunaannya yaitu dengan mengonsumi mentimun secara langsung atau dibuat jus. Lakukan tiga kali sehari.


10. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak manfaatnya, salah satunya untuk hipertensi ini. Cara penggunaannya cukup dengan memarut beberapa rimpang kunyit lalu peras hasil parutannya, tambahkan madu dan minum perasan kunyit ini tiga kali sehari.


11. Mengkudu

Mengkudu merupakan salah satu buah yang tidak enak rasanya, tidak enak baunya. Tetapi jangan salah, ternyata buah ini dapat mengobati hipertensi lho! Cara penggunaannya pun mudah, cukup dibuat jus saja dan dikonsumsi tiga kali sehari.


12. Lobak

Lobak banyak digunakan dalam osengan, atau sayur. Lobak juga berkhasiat untuk mengatasi hipertensi. Caranya yaitu dengan dibuat jus atau diambil sarinya dengan cara direbus dan diambil airnya. Minum secara teratur

13. Akar Pule Pandak

Bagi Anda yang tidak mengetahui tanaman pule pandak, berikut gambarnya :
pule pandak obat darah tinggi
Sumber Gambar : bukalapak.com

cara penggunaannya, cuci akar tanaman pule pandak kira-kira 100 gram, lalu rebus dalam dua gelas air hingga tersisa setengahnya saja. Minum rebusan ini pagi dan sore hari secara teratur.


Demikian beberapa tips yang bisa obatalam.com berikan, semoga penyakit hipertensi Anda segera teratasi..
Advertisement
Obat Darah Tinggi Herbal (Hipertensi) Mudah dan Aman | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment