Cara Membuat Obat Asam Urat Tinggi

Advertisement
Asam urat
Asam Urat atau rematik merupakan penyakit yang menyerang siapa saja. Penyakit ini terutama menyerang orang dewasa. Tanda penyakit rematik adalah rasa panas pada persendian, ngararey (istilah sunda).

Penyakit asam urat memang bukan penyakit yang mematikan, akan tetapi yang namanya penyakit tentu saja mengganggu aktivitas kita sehari-hari dan membuat hidup tidak nyaman.
asam urat tinggi
Sumber Gambar : mediskus.com

Beberapa obat kimia yang dapat digunakan untuk asam urat / anti rematik diantaranya adalah piroxicam dan natrium diclofenac.

Asam Urat

Namun, bagi orang yang lebih senang menggunakan obat alami, atau herbal. Ada beberapa alternatif tumbuhan untuk asam urat, diantaranya :


1. Daun Salam


makanan untuk penderita asam urat
Sumber Gambar : manfaat.co.id
Daun salam yang banyak dikenal sebagai bumbu dapur ternyata memiliki khasiat sebagai obat asam urat. Kandungan yang terdapat dalam daun salam adalah flavonoid, minyak atsiri dan tanin. Zat yang berperan aktif dalam pengobatan asam urat adalah zat tanin. Selain untuk asam urat, tanin yang terkandung dalam daun salam juga dapat berfungsi dalam pengobatan kolesterol.

Cara membuat ramuan yaitu dengan merebus beberapa lembar daun salam dalam dua gelas air. Rebus hingga menjadi setengahnya. Minum ramuan setelah dingin. Lakukan setiap hari sampai gejala asam urat hilang.



2. Kumis Kucing
makanan untuk penderita asam urat
Sumber Gambar :tongkatmaduraasli.com


Tanaman yang berbentuk unik ini juga berfungsi sebagai obat asam urat. Kumis kucing telah banyak dikenal sebagai diuretik atau peluruh kencing dan tanaman penghancur batu ginjal.

Sebagai obat untuk urat, Anda dapat mudah membuat ramuannya, yaitu cukup dengan mengambil satu genggam daun dan bunga kumis kucing kemudian merebusnya dalam tiga gelas air hingga menjadi setengahnya. Minum ramuan sehari sekali sampai gejala asam urat hilang.

Asam Urat

3. Sambiloto


Tanaman yang berasa pahit ini banyak sekali manfaatnya untuk berbagai macam penyakit, diantaranya untuk mengobati kaki bengkak karena asam urat. Kandungan yang terdapat dalam sambiloto adalah kalsium, natrium, kalium, dll.

Cara membuat ramuan sambiloto yaitu cukup dengan merebus beberapa lembar daun sambiloto dalam dua gelas air. Rebus hingga mendidih dan angkat setelah tinggal setengahnya. Biarkan dingin dan minum ramuan setiap hari.


Demikianlah beberapa tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat. Selamat mencoba, semoga lekas sembuh...
Advertisement
Cara Membuat Obat Asam Urat Tinggi | Unknown | 5

2 comments:

  1. selamat pagi, salam blogger, sobat.
    ijin berkunjung untuk berkomentar yah, :D
    perdana nih,
    sukses yah buat blog nya :)

    ReplyDelete
  2. terima kasih kunjungannya..😊

    ReplyDelete